KEPRIBADIAN MANUSIA
1. Pengertian
Kepribadian
Gordon Allport merumuskan
kepribadian sebagai “sesuatu” yang terdapat dalam diri individu yang membimbing
dan memberi arah kepada seluruh tingkah laku individu yang bersangkutan. Lebih detail Allport mendefinisikan kepribadian sebagai suatu organisasi yang
dinamis dari sistem psikofisik individu yang menentukan tingkah laku dan
pikiran individu secara khas. Allport menggunakan istilah sistem
psikofisik dengan maksud menunjukkan bahwa jiwa dan raga manusia adalah suatu
sistem yang terpadu dan tidak dapat dipisahkan satu sama lain, serta di antara
keduanya selalu terjadi interaksi dalam mengarahkan tingkah laku. Sedangkan
istilah khas dalam batasan kepribadian Allport itu memiliki arti bahwa setiap
individu memiliki kepribadiannya sendiri. Tidak ada dua orang yang
berkepribadian sama, karena itu tidak ada dua orang yang berperilaku sama.
Sigmund Freud memandang kepribadian sebagai
suatu struktur yang terdiri dari tiga sistem yaitu Id, Ego dan Superego. Tingkah laku tidak lain merupakan hasil dari
konflik dan rekonsiliasi ketiga sistem kepribadian tersebut.
2. Faktor-faktor yang membentuk
kepribadian
Kepribadian terbentuk karena proses keterlibatan subjek atau individu
atas pengaruh-pengaruh internal dan eksternal yang mencakup factor-faktor
genetis atau biologis, pengalaman-pengalaman sosial, dan perubahan lingkungan.
Dengan kata lain corak dan keunikan kepribadian individu itu dipengaruhi oleh
faktor-faktor bawaan dan lingkungan.
Kepribadian terbentuk oleh faktor-faktor :
a.
Internal
yang lebih menunjuk kepada faktor bawaan
b.
Eksternal,
meliputi pengaruh lingkungan baik sosial maupun non-sosial
3. Tipe-tipe Kepribadian
Ada beberapa tipe kepribadian menurut Hipocrates :
a. Kepribadian Sanguinis
Tipe kepribadian ini memiliki
ciri-ciri ekstrovert, optimis ,
periang dan penuh semangat, penuh rasa ingin tahu. Tipe ini memiliki rasa humor
yang tinggi, ditambah dengan antusiasme dan sikap ekspresif mereka selalu menjadi bintang dalam setiap pertemuan.
Tipe ini memiliki kebutuhan mendasar akan pengakuan
dan penghargaan.
b. Kepribadian Melankolis
Kepribadian ini memiliki
cirri-ciri : introvert, pemikir,
pesimis mendalam dan penuh pikiran yang analitis, serius dan tekun, cenderung
jenius, berbakat dan kreatif, tipe ini sangat teliti, hati-hati dan suka curiga, taat aturan, sangat konsisten dengan perasaan
yang halus. Tipe ini memiliki kebutuhan mendasar berupa jawaban yang bermutu dan didukung data yang
lengkap dan akurat.
c. Kepribadian Koleris
Ciri-ciri kepribadian ini adalah : ekstrovert, keras, tegas, tidak
emosional bertindak, tidak mudah patah semangat, bebas dan mandiri, memancarkan
keyakinan dan bisa menjalankan apa saja, berbakat menjadi pemimpin. Tipe ini sangat
dinamis, aktif, dan membutuhkan
perubahan. Tipe ini memiliki kebutuhan mendasar berupa tantangan, pilihan, dan pengendalian.
d.
Kepribadian Phlegmatis
Kepribadian ini memiliki ciri-ciri: introvert, mudah bergaul dan santai, diam tenang, sabar, pemalu, hidup konsisten, tenang tapi
cerdas, simpatik dan rendah hati, menyembunyikan emosi, bahagia menerima
kehidupan, tidak suka konflik dan pertentangan. Mereka sulit mengatakan
“tidak”, sangat sentimental dan suka hal yang sama “status quo”. Tipe ini memiliki kebutuhan mendasar berupa
penghargaan dan penerimaan.
4. Kepribadian Matang
Kematangan kepribadian menggambarkan
kedewasaan seseorang. Kematangan pribadi, ditunjukkan dengan cirri-ciri antara
lain :
a. Mampu
menerima diri sendiri apa adanya
Mampu menerima
kekurangan dan kelebihan diri secara positif
b. Memiliki
pegangan hidup yang kuat
Agama merupakan pegangan hidup kita, bagi
orang yang memiliki kematangan pribadi, maka ia akan memiliki kehidupan agama
yang kuat
c. Mampu menjalin hubungan dengan orang lain
dengan rasa aman
Dalam
berkehidupan sosial, pribadi yang matang dapat diterima dan menerima orang lain
tanpa hambatan yang berarti. Dia dapat segera menyesuaikan diri tanpa ikut
arus.
d. Mempunyai perencanaan masa depan
Mempunyai perencanaan akan masa yang akan
datang dalam kehidupannya, tidak berpikiran sempit
2. KEGIATAN (ACTIVITY)
PESERTA DIDIK
NAMA KEGIATAN : KUIS
- APA TALENT ATAU MINAT ANDA ?”
(KECERDASAN
MAJEMUK)
PENGANTAR DAN PETUNJUK TES
1. Tes ini bukanlah sebuah ujian.
Nikmatilah prosesnya.
2. Tujuan tes ini adalah membantu Anda
menemukan talenta Anda.
3. Tidak ada jawaban yang benar dan salah
dalam tes ini.
4. Isilah dengan jujur (sesuai dengan
keadaan Anda) dan kerjakan dengan secepat mungkin pada setiap kolom yang
tersedia lalu jumlahkan nilai di setiap kolom.
5. Isilah jawaban Anda pada kolom skor.
Anda yang telah dianugerahkan Tuhan
kepada Anda melalui tes sederhana ini.
1 = sangat tidak setuju; 2 = tidak setuju; 3 = agak setuju; 4 = setuju;
5 = sangat setuju
KECERDASAN
MAJEMUK 01 |
|
KECERDASAN
MAJEMUK 02 |
|
||||
|
|
SKOR |
|
|
|
SKOR |
|
1. |
Saya
suka bercerita, termasuk cerita
dongeng dan cerita yang lucu |
|
|
1. |
Saya
sangat menikmati pelajaran matematika. |
|
|
|
|
|
|
||||
2. |
Saya
memiliki ingatan yang baik untuk
hal-hal yang sepele. |
|
|
2. |
Saya
menyukai permainan yang menggunakan
logika, seperti teka- teki angka. |
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|||
3. |
Saya
menyukai permainan kata- |
|
|
3. |
Dapat
memecahkan soal-soal |
|
|
kata
(seperti scrabble dan |
|
|
hitungan
adalah hal yang |
|
|
||
puzzle). |
|
|
menyenangkan
bagi saya. |
|
|
||
4. |
Saya
membaca buku hanya sebagai
hobi. |
|
|
4. |
Jika
saya harus mengingat sesuatu, saya cenderung menempatkan setiap kejadian
dalam urutan yang logis. |
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|||
5. |
Saya
seorang pembicara yang baik
(hampir setiap waktu). |
|
|
5. |
Saya
senang mencari tahu |
|
|
|
|
bagaimana cara kerja setiap benda. |
|
|
|||
6. |
Dalam
berargumentasi, saya cenderung
menggunakan kata- kata
sindiran.\ |
|
|
6. |
Saya
menyukai komputer dan berbagai
permainan angka-angka. |
|
|
|
|
||||||
|
|
||||||
7. |
Saya
senang membicarakan dan menulis
ide-ide saya. |
|
|
7. |
Saya
suka bermain catur, checkers,atau monopoli. |
|
|
|
|
||||||
8. |
Jika
saya harus mengingat sesuatu,
saya menciptakan irama-irama
yang membantu saya
utk. Mengingatnya |
|
|
8. |
Dalam
berargumentasi, saya mencoba mencari solusi yang adil dan logis. |
|
|
|
|
||||||
|
|
||||||
|
|
||||||
9. |
Jika
sesuatu rusak dan tidak berfungsi,
saya akan membaca buku
panduannya terlebih dahulu. |
|
|
9. |
Jika
sesuatu rusak dan tidak berfungsi,
saya melihat bagian- bagiannya
(atau komponen- komponennya)
dan mencari tahu bagaimana cara kerjanya. |
|
|
|
|
||||||
|
|
||||||
|
|
||||||
|
|
||||||
10. |
Dalam
kerja kelompok (untuk menyiapkan
sebuah presentasi), saya
lebih memilih untuk menulis
dan melakukan riset pustaka. |
|
|
10. |
Dalam
kerja kelompok, saya lebih memilih membuat diagram dan grafik. |
|
|
|
|
||||||
|
|
||||||
|
|
||||||
|
|
||||||
|
Total |
|
|
|
Total |
|
|
1 = sangat tidak setuju; 2 = tidak setuju; 3 = agak setuju; 4 = setuju;
5 = sangat setuju
KECERDASAN
MAJEMUK 03 |
KECERDASAN
MAJEMUK 04 |
|||||
|
|
SKOR |
|
|
|
SKOR |
1. |
Saya
lebih memilih peta daripada petunjuk tertulis dalam mencari sebuah alamat. |
|
|
1. |
Sejak suka berolahraga, senam menjadi
olah raga favorit saya. |
|
|
||||||
|
||||||
2. |
Saya
sering melamun. |
|
|
2. |
Saya
menyukai kegiatan-kegiatan seperti pertukangan, menjahit dan membuat
bentuk-bentuk. |
|
|
||||||
|
||||||
3. |
Saya
menikmati hobi saya dalam dalam
bidang fotografi. |
|
|
3. |
Ketika
melihat benda-benda, saya senang menyentuhnya. |
|
|
||||||
4. |
Saya
senang menggambar dan menciptakan
sesuatu. |
|
|
4. |
Saya
tidak dapat duduk diam dalam waktu yang lama. |
|
|
||||||
5. |
Jika
saya harus mengingat sesuatu,
saya menggambar diagram
untuk membantu saya mengingatnya. |
|
|
5. |
Saya
menggunakan banyak gerakan
tubuh ketika berbicara. |
|
|
||||||
|
||||||
|
||||||
6. |
Saya
senang membuat coretan- coretan
di kertas kapan pun saya bisa. |
|
|
6. |
Jika
saya harus mengingat sesuatu, saya menuliskannya
berkali-kali sampai saya memahaminya. |
|
|
||||||
|
||||||
|
||||||
7. |
Ketika
membaca majalah, saya lebih
suka melihat gambar- gambarnya
daripada membaca teksnya. |
|
|
7. |
Saya
cenderung mengetuk-ngetuk jari saya atau memainkan pena/ pensil selama jam
pelajaran. |
|
|
||||||
|
||||||
|
||||||
8. |
Dalam
berargumentasi, saya mencoba menjaga jarak, tetap berdiam
diri, atau memvisualisasikan beberapa solusi. |
|
|
8. |
Dalam
berargumentasi,saya cenderung
menyerang atau menghindarinya. |
|
|
||||||
|
||||||
|
||||||
|
||||||
9. |
Jika
sesuatu rusak dan tidak berfungsi,
saya cenderung mempelajari
diagram mengenai cara
kerjanya. |
|
|
9. |
Jika
sesuatu rusak dan tidak berfungsi,
saya cenderung memisahkan
setiap bagian lalu menggabungkannya
kembali. |
|
|
||||||
|
||||||
|
||||||
10. |
Dalam
kerja kelompok, saya lebih memilih menggambar hal-hal yang penting. |
|
|
10. |
Dalam
kerja kelompok, saya lebih memilih memindahkan barang atau membuat suatu
bentuk. |
|
|
||||||
|
||||||
|
TOTAL |
|
|
|
TOTAL |
|
1 = sangat tidak setuju; 2 = tidak setuju; 3 = agak setuju; 4 = setuju;
5 = sangat setuju
KECERDASAN
MAJEMUK 05 |
|
|
KECERDASAN
MAJEMUK 06 |
|||
|
|
SKOR |
|
|
|
SKOR |
1. |
Saya
senang mendengarkan musik
dan radio. |
|
|
1. |
Saya
mampu bergaul baik dengan
orang lain. |
|
|
||||||
2. |
Saya
cenderung bersenandung ketika
sedang bekerja. |
|
|
2. |
Saya
senang berkumpul dan berorganisasi. |
|
|
||||||
3. |
Saya
suka bernyanyi. |
|
|
3. |
Saya
mempunyai beberapa teman
dekat. |
|
|
||||||
4. |
Saya
bisa memainkan salah satu alat
musik dengan baik. |
|
|
4. |
Saya
suka membantu mengajar murid-murid
lain. |
|
|
||||||
5. |
Saya
suka mendengarkan musik sambil
belajar atau sambil membaca
buku. |
|
|
5. |
Saya
senang bekerja sama dalam kelompok. |
|
|
||||||
|
|
|
||||
6. |
Jika
saya harus mengingat sesuatu,
saya mencoba untuk membuat
irama tentang hal tersebut. |
|
|
6. |
Teman-teman
sering meminta saran
dari saya karena saya terlihat
sebagai pemimpin alamiah. |
|
|
||||||
|
||||||
|
||||||
7. |
Dalam
berargumentasi, saya cenderung
berteriak atau memukul
(meja/ benda) atau bergerak
dalam suatu irama. |
|
|
7. |
Jika
saya harus mengingat sesuatu,
saya meminta seseorang
untuk menguji saya apakah
saya sudah memahaminya. |
|
|
||||||
|
||||||
|
||||||
|
||||||
8. |
Saya
bisa menghafal nada-nada dari
banyak lagu. |
|
|
8. |
Dalam
berargumentasi, saya cenderung
meminta bantuan teman
atau pihak- pihak yang memiliki
otoritas (ahli) dalam bidang
tersebut. |
|
|
||||||
|
||||||
|
||||||
|
||||||
9. |
Jika
sesuatu rusak dan tidak berfungsi,
saya cenderung mengetuk-ngetuk
jari saya membentuk
suatu irama sambil mencari
jalan keluar. |
|
|
9. |
Jika
sesuatu rusak dan tidak berfungsi,
saya mencari seseorang
yang dapat menolong saya. |
|
|
||||||
|
||||||
|
||||||
|
||||||
10. |
Dalam
kerja kelompok, saya lebih suka menggunakan kata-kata baru pada nada atau
musik yang sudah dikenal. |
|
|
10 |
Dalam
kerja kelompok, saya lebih memilih mengatur tugas dalam kelompok. |
|
|
|
|||||
|
|
|||||
|
|
|||||
|
TOTAL |
|
|
|
TOTAL |
|
1 = sangat tidak setuju; 2 = tidak setuju; 3 = agak setuju; 4 = setuju;
5 = sangat setuju
KECERDASAN MAJEMUK 07 |
|
KECERDASAN MAJEMUK 08 |
|
||||
|
|
SKOR |
|
|
|
SKOR |
|
1. |
Saya suka bekerja sendirian tanpa ada gangguan orang lain |
|
|
1. |
Saya
sangat memperhatikan sekeliling dan apa yang sedang terjadi di sekitar
saya. |
|
|
|
|
||||||
|
|
||||||
2. |
Saya
suka menulis buku harian. |
|
|
2. |
Saya
senang berjalan-jalan di hutan
(atau taman) dan melihat- lihat pohon serta bunga. |
|
|
|
|
||||||
|
|
||||||
3. |
Saya
menyukai diri saya (hampir
setiap waktu). |
|
|
3. |
Saya
senang berkebun. |
|
|
|
|
||||||
|
|
||||||
4. |
Saya
tidak suka keramaian. |
|
|
4. |
Saya
suka mengoleksi barang- barang
seperti batu-batuan, kartu olahraga, perangko, dsb. |
|
|
|
|
||||||
|
|
||||||
5. |
Saya
tahu kelebihan dan kekurangan
diri saya. |
|
|
5. |
Ketika
dewasa, saya ingin pergi dari kota yang ramai ke tempat yang masih alamiah
untuk menikmati alam. |
|
|
|
|
||||||
|
|
||||||
|
|
||||||
6. |
Saya
memiliki tekad yang kuat, mandiri
dan berpendirian kuat (tidak
mudah ikut-2an org lain) |
|
|
6. |
Jika
saya harus mengingat |
|
|
|
sesuatu,
saya cenderung |
|
|||||
|
mengkategorikannya
dalam |
|
|||||
|
kelompok-kelompok. |
|
|||||
7. |
Jika
saya harus mengingat sesuatu
saya cenderung menutup
mata saya dan mendalami
(merasakan) situasi yang
sedang terjadi. |
|
|
7. |
Saya
senang mempelajari nama-nama makhluk hidup di lingkungan tempat saya berada,
seperti bunga dan pohon. |
|
|
|
|
||||||
|
|
||||||
|
|
||||||
|
|
||||||
8. |
Dalam
berargumentasi, saya biasanya
menghindar (keluar ruangan)
hingga saya dapat menenangkan
diri. |
|
|
8. |
Dalam
berargumentasi, saya cenderung
membandingkan lawan saya dengan seseorang atau sesuatu yang pernah saya baca atau dengar lalu bereaksi. |
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|||||
|
|
|
|||||
|
|
|
|||||
9. |
Jika
sesuatu rusak dan tidak berfungsi,
saya mempertimbangkan apakah benda
tersebut layak untuk diperbaiki. |
|
|
9. |
Jika
sesuatu rusak dan tidak berfungsi,
saya memperhatikan sekeliling saya untuk melihat apa yang
bisa saya temukan untuk memperbaikinya. |
|
|
|
|
||||||
|
|
||||||
|
|
||||||
|
|
||||||
10. |
Dalam
kerja kelompok, saya senang
mengkontribusikan sesuatu
yang unik berdasarkan apa
yang saya miliki dan rasakan. |
|
|
10. |
Dalam
kerja kelompok, saya lebih memilih mengatur dan mengelompokkan
informasi dalam
kategori-kategori sehingga mudah
dimengerti. |
|
|
|
|
||||||
|
|
||||||
|
|
||||||
|
|
||||||
|
TOTAL |
|
|
|
TOTAL |
|
|
TAHAP EVALUASI DIRI
1. Setelah Anda mengisi tes di atas
cobalah melakukan resume berdasarkan nilai yang ada di setiap kotak yang ada.
KECERDASAN
MAJEMUK 01 = KECERDASAN MAJEMUK 02 = KECERDASAN MAJEMUK 03 = KECERDASAN MAJEMUK
04 = KECERDASAN MAJEMUK 05 = KECERDASAN MAJEMUK 06 = KECERDASAN MAJEMUK 07
= KECERDASAN MAJEMUK 08 =
2. Sekarang beri tanda (lingkari) 2 atau
3 kecerdasan majemuk yang skornya paling tinggi.
Jika
Anda mengisi tes ini dengan jujur, itulah talenta Anda. Penemu dari Kecerdasan
majemuk ini adalah Prof. Howard Gardner dari Amerika Serikat. Tes ini sendiri
diadaptasi dari berbagai sumber di internet (termasuk dari Learning
Disabilities Resources Community, Greg Gay dan J. Ivanco) yang telah
dimodifikasi.
KECERDASAN MAJEMUK 01 |
=
KECERDASAN VERBAL/ LINGUISTIK. |
KECERDASAN MAJEMUK 02 |
=
KECERDASAN LOGIS/ MATEMATIS. |
KECERDASAN MAJEMUK 03 |
=
KECERDASAN VISUAL/ SPASIAL. |
KECERDASAN MAJEMUK 04 |
=
KECERDASAN KINESTETIK. |
KECERDASAN MAJEMUK 05 |
=
KECERDASAN MUSIKAL. |
KECERDASAN MAJEMUK 06 |
=
KECERDASAN INTERPERSONAL |
KECERDASAN MAJEMUK 07 |
=
KECERDASAN INTRAPERSONAL |
KECERDASAN MAJEMUK 08 |
=
KECERDASAN NATURALIS. |
3. Selanjutnya, kita dapat melihat mengetahui bakat kita dengan membaca penjelasan diatas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar